Sebelum menyusun program kerja, dilakukan pendataan untuk mengetahui kebutuhan dan permasalahan peserta didik. Tujuannya supaya program kerja yang disusun sesuai dengan kebutuhan dan masalah siswa. Pendataan dapat dilakukan dengan pengamatan langsung dan tidak langsung. Metode pengamatan langsung antara lain observasi, wawancara, dokumentasi. Metode pengamatan tidak langsung dengan instrumen non tes antara lain AUM (Alat Ungkap Masalah), IMS (Identifikasi Masalah Siswa), dll.
Pengolahan data dituangkan dalam bentuk prosentase sesuai derajat masalah dan kebutuhan siswa. silakan klik DATAKEBUTUHANdanpermasalahanPESERTADIDIK.doc
http://www.ziddu.com/download/18409497/DATAKEBUTUHANdanpermasalahanPESERTADIDIK
.doc.html
Itu merupakan contoh hasil pengolahan data kebutuhan dan permasalahan peserta didik.
We assist all people for happiness and safety. Counseling is my life.
Oleh : Ratmi Kuswati, S.Pd
Guru BK SMK N 2 Pengasih
Thanks for this post its really interesting i bookmark your blog for future stuff like this..
BalasHapusHyundai Entourage AC Compressor
Thank you for your attention...
BalasHapus