No | Aspek Perkembangan | Tataran/Internalisasi Tujuan | ||
Pengenalan | Akomodasi | Tindakan | ||
1 | Landasan hidup religius | Mempelajari hal ihwal ibadah | Mengembangkan pemikiran tentang kehidupan beragama | Melaksanakan ibadah atas keyakinan sendiri disertai sikap toleransi |
2 | Landasan perilaku etis | Mengenal keragaman sumber norma yang berlaku di masyaraakat | Menghargai Keragaman sumber norma sebagai rujukan pengambilan keputusan | Berperilaku atas dasar keputusan yang mempertimbangkan aspek-aspek etis |
3 | Kematangan emosi | Mempelajari cara-cara menghindari konflik dengan orang lain | Bersikap toleran terhadap ragam ekspresi perasaan diri sendiri dan orang lain | Mengekspresikan perasaan dalam cara-cara yang bebas,terbuka dan tidak menimbulkan konflik |
4 | Kematangan intelektual | Mempelajari cara-cara pengambilan keputusan dan pemecahan masalah secara objektif | Menyadari akan keragaman alternatif keputusan dan konsekuensi yang dihadapinya | Mengambil keputusan dan pemecahan masalah atas dasar informasi/data secara obyektif |
5 | Kesadaran tanggung jawab sosial | Mempelajari keragaman interaksi sosial | Menyadari nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan dalam konteks keragaman interaksi sosial | Berinteraksi dengan orang lain atas dasar kesamaan |
6 | Kesadaran gender | Mempelajari perilaku kolaborasi antar jenis dalam ragam kehidupan | Menghargai keragaman peraan laki-laki atau perempuan sebagai aset kolaborasi dan keharmonisan hidup | Berkolaborasi secara harmonis dengan lain jenis dalam keragaman peran |
7 | Pengembangan diri | Mempelajari keunikan diri dalam konteks kehidupan sosial | Menerima keunikan diri dengan segala kelebihan dan kekurangannya | Menampilkan keunikan diri secara harmonis dalam keragaman |
8 | Perilaku kewirausahaan (kemandirian perilaku ekonomis) | Mempelajari strategi dan peluang untuk berperilaku hemat,ulet, sengguh-sungguh dan kompetitif dalam keragaman kehidupan | Menerima nilai-nilai hidup hemat,ulet sungguh-sungguh dan kompetitif sebagai aset untuk mencapai hidup mandiri | Menampilkan hidup hemat, ulet, sungguh-sungguh dan kompetitif atas dasar kesadaran sendiri |
9 | Wawasan dan kesiapan karier | Mempelajari kemampuan diri, peluang dan ragam pekerjaan, pendidikan, dan aktifitas yang terfokus pada pengembangan alternatif karir yang lebih terarah | Internalisasi nilai-niolai yang melandasi pertimbangan pemilihan alternatif karir | Mengembangkan alternatif perencanaan karir dengan mempertimbangkan kemampuan, peluang dan ragam karir |
10 | Kematangan hubungan dengan teman sebaya | Mempelajari cara-cara membina dan kerjasama dan toleransi dalam pergaulan dengan teman sebaya | Menghargai nilai-nilai kerjasama dan toleransi sebagai dasar untuk menjalin persahabatan dengan teman sebaya | Mempererat jalinan persahabatan yang lebih akrab dengan memperhatikan norma yang berlaku |
11 | Kesiapan diri untuk menikah dan berkeluarga | Mengenal norma-norma pernikahan dan berkeluarga | Mengharagai norma-norma pernikahan dan berkeluarga sebagai landasan bagi terciptanya kehidupan masyarakat yang harmonis | Mengekspresikan keinginannya untuk mempelajari lebih intensif tentang norma pernikahan dan berkeluarga |
(Ratmi Kuswati, S.Pd)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar