Minggu, 22 Januari 2012

PIK-R SMK 2 Pengasih telah dirintis

Setelah melewati perjuangan dan usaha tak kenal lelah dari seluruh guru BK di SMK N 2 Pengasih, maka pada hari Selasa 17 Januari 2012 terbentuklah PIK-R SMK N 2 Pengasih. Pelatihan PIK-R (Pusat Informasi Konseling-Remaja) ini dilaksanakan selama 3 hari mulai hari Selasa s.d Kamis tanggal 17 s.d 19 Januari 2012 di SMK N 2 Pengasih. Materi pelatihan memuat tentang penjelasan PIK-R, konselor sebaya, pendidik sebaya, narkoba, kesehatan reproduksi, pemahaman diri, pemahaman konseling, dan penyusunan pengurus dan program kerja.
Menurut kepala sekolah SMK N 2 Pengasih H. Rahmad Bassuki, SH.MT, "Pembentukan PIK-R ini bertujuan untuk mencegah penggunaan narkoba, pergaulan bebas, dan salah sesuai dalam pergaulan remaja". Hal ini diperkuat dengan pengarahan koordinator BK, Kamisan, S.Pd  "Pembentukan PIK-R ini telah menjadi program kami sejak tahun 2011, waktu itu PIK-R berupa wali BK siswa di kelas dengan perwalian 2 siswa untuk tiap kelasnya. Dengan adanya wali BK siswa di kelas, setiap perilaku dan kondisi di kelas tersebut dapat kami pantau. Sehingga kami merasa bahwa demi peningkatan pengetahuan wali BK siswa diperlukan pelatihan dan koordinasi secara lebih baik. Maka, kami merintis pembentukan PIK-R ini".
PIK- R SMK N 2 Pengasih terbentuk dengan susunan pengurus yaitu:
Ketua : Wisnu Candranata kelas XI TKR1
Wakil ketua : Arrum Kusuma kelas X TKJ2
Sekretaris : Afrizal kelas XI TITL2
                   Agatha kelas X ELIN
Bendahara : Respati X TKBB
                    Arif Nurwidiyat kelas X TKJ1
Bidang Pengembangan Diri :
Bidang Konseling Sebaya
Bidang Sumber Daya Manusia
Bidang Penerangan/Informasi
Bidang Penelusuran Alumni

Pengurus PIk-K belum secara lengkap terisi, koordinasi lanjutan untuk membentuk pengurus secara tetap pada hari Sabtu, 28/ 01/12. Lebih tegas disampaikan oleh pendamping PIK-R Ratmi Kuswati, S.Pd, "Pembentukan PIK-R rintisan SMK N 2 Pengasih ini bertujuan menurunkan, mencegah, pergaulan bebas dan penggunaan narkoba di kalangan remaja yang akhir-akhir ini marak berkembang. Kami didukung oleh BKKBN dan instanasi lain seperti POLRES Kulon Progo, bersama-sama siswa yang bergabung dalam PIK-R siap menyelamatkan remaja. Pembentukan pengurus akan dilanjutkan besok sabtu, 28/01/12."

SMK....BISA...PIK-R .... JAYA

Begitulah yel-yel pembakar semangat pengurus PIK-R SMK N 2 Pengasih. "Dalam menjalankan kegiatan dan aktivitas mendampingi, membantu teman-teman yang bermasalah, pengurus PIK-R perlu yel-yel untuk membangkitkan semangat. Supaya tetap jaya." Begitu yang disampaikan Ismiyartin, S.Pd, pendamping PIK-R.

Go PIK-R...Go SMK...Go Brilliant Adult
SMK...BISA....PIK-R...JAYA
(Ratmi Kuswati,S.Pd/21/1/12)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar