Senin, 21 Mei 2012

CARA BERGAUL YANG BAIK


Aduh sebellll.....temen-temen dikelas gak kompak. Gak s-ide...pokoknya susah deh dapet temen di kelas. Apalagi di kelas lain...lebih parah lagi di rumah...kesepiaaannn....

Pernah gak kamu merasa seperti itu? ato dicurhati temen kayak gitu....Dunia serasa sepi ditengah keramaian. Nah itu gejala gak memiliki temen..alias bergaulnya gak baik. Jadinya gak punya teman. Nah ni ada tips cara bergaul yang baik....simak yuuuukkk....

1.     Jangan suka meminjam barang teman anda kecuali terpaksa, apalagi barang – barang yang mahal.

2.    Jangan ngutang ma temen kecuali terpaksa, jangan jadikan teman anda sebagai Bank  tempat anda meminjam, apalagi ngutang anda jadi kebiasaan.

3.    Jangan terlalu banyak meminta ma temen klo bisa sering – seringlah ngasih ke temen.

4.   Hormati teman selagi dia menghormati anda, dan tinggalkan teman kalau sudah tidak menghormati eksistensi anda. palagi teman yang menjerumuskan anda ke jurang kemaksiatan dan kemelaratan tentunya.

5.    Tidak usah terlalu pilih – pilih teman, karena suatu saat temen yang awalnya anda pandang tidak bermanfaat suatu saat dia bisa jadi teman yang siap membantu kesulitan anda

6.   Bercanda itu penting tapi jangan pernah bercanda yang mengandung kata – kata hinaan apa lagi kata itu anda ucapkan berulang kali, karena jika anda lakukan maka teman yang anda hina pasti akan berkurang rasa hormatnya kepada anda , karena dia sudah menganggap anda simulut besar dan suka menghina. sebaiknya anda bisa membatasi canda anda!

7.   Jika ada temen  bertamu kerumah anda, maka terimalah dia dengan senyumman, karena hal itu akan di ingat sampai dia bertamu kembali.

8.    Buat nyamanlah teman anda, jangan sampai dia merasa tidak nyaman ketika anda berada di sampingnya.

9.    Jangan pernah berfikir jika anda sudah tidak membutuhkan bantuan seorang teman. karena datangnya masalah bisa diluar dugaan anda.
Ada yang mau nambah tips nya..boleh-boleh aja. Ini dulu tips dari saya ya...lain waktu sambung lagi..

By: Ratmi Kuswati (Guru BK SMK N 2 Pengasih)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar